kesehatan

Selasa, 16 Juli 2013

Demokrat terjun bebas, PDIP dan Golkar bersaing ketat

Reporter : Muhammad Sholeh
Selasa, 16 Juli 2013 13:57:26
Demokrat terjun bebas, PDIP dan Golkar bersaing ketat
angelina Sondakh. merdeka.com/Imam Buhori
Kurang dari satu tahun, pemilihan umum (pemilu) bakal digelar. Partai Golkar dan PDIP diprediksi bakal bersaing ketat dalam meraup dan menarik simpati rakyat.

"Partai-partai yang dipersepsikan peduli pada persoalan rakyat dan jarang terlibat korupsi mendapatkan apresiasi cukup baik adalah Partai Golkar dan PDIP bertengger di posisi pertama dan kedua rating elektabilitas," jelas Peneliti Utama LSN Dipa Pradipa di Hotel Grand Menteng, Jakarta, Selasa (16/7).

Jika Pemilu dilaksanakan hari ini, Dipa menegaskan, Partai Golkar dan PDI Perjuangan bakal bersaing ketat untuk menjadi pemenang.

"Dari hasil temuan LSN, Partai Golkar bertengger di posisi pertama sebesar 19.7 persen. Disusul dengan PDIP 18.3 persen, Partai Gerindra 13.9 persen, Partai Hanura 6.9 persen, Partai Demokrat 6.1 persen," papar Dipa.

Survei LSN dilakukan mulai tanggal 1 hingga 10 Mei 2013 di 33 provinsi di Indonesia, yang berusia minimal 17 tahun. Jumlah sampel sebesar 1230 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner. Yang dilengkapi riset kualitatif berupa media analisys dari sejumlah surat nasional dan daerah.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. Dengan margin of error kurang lebih 2.8 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.
[ian]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar