kesehatan

Selasa, 16 Juli 2013

SBY: Pembahasan RAPBN 2014 harus jauh dari unsur politis

Reporter : Yulistyo Pratomo
Selasa, 16 Juli 2013 15:17:55
SBY: Pembahasan RAPBN 2014 harus jauh dari unsur politis
Presiden SBY. REUTERS

Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014 menjadi titik penting menjelang berakhirnya masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY pun menyadari pembahasan ini akan dirasuki sisi-sisi politis dibandingkan kepentingan masyarakat umumnya.
Berdasarkan pengalamannya, SBY meminta kepada seluruh jajaran kementeriannya untuk tetap fokus pada pokok-pokok penting pembangunan. Tak hanya itu, SBY juga meminta agar pembahasan RAPBN 2014 mendatang tidak dirasuki unsur politis di dalamnya.
"Kita harus kokoh, kita harus jadi negarawan lebih dari sekadar politisi," ujar SBY saat membuka rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (16/5).
SBY melanjutkan, jika pembahasan RAPBN 2014 tersebut dirasuki unsur politis demi meraih simpati rakyat maka akan ada sejumlah dampak kerugian yang diakibatkannya untuk masyarakat.
"Bisa jadi APBN keliru, yang kena dampak kita semua. Jajaran kementerian diminta untuk betul-betul jernih, kokoh dan membahasnya dengan teman-teman di DPR, DPD dengan baik," tandasnya.
SBY juga meminta agar susunan APBN 2014 tersebut juga harus benar-benar tepat sasaran, tepat alokasi dan penganggarannya sesuai dengan target pemerintah. SBY mengingatkan faktor perekonomian eksternal harus dijadikan pertimbangan dalam pembuatan postur saat ini.
"Kita berharap, kalau kita sadar masalah-masalah yang kita hadapi dalam perekonomian tidak ringan. Kita gunakan tools yang ada di tangan kita, bahas dengan DPR. Faktor lain, tidak di tangan kita, faktor pertumbuhan itu ada ekspor, investasi," paparnya.
Terakhir, SBY kembali mengingatkan para menterinya untuk tetap memasukkan poin-poin untuk meningkatkan transportasi publik. Sehingga, masyarakat bisa menghemat penggunaan BBM serta mengurangi frekuensi pemakaian kendaraan pribadi.
"Pastikan ada alokasi anggaran untuk itu, infrastruktur dasar yang kita bangun, jangan lupa dunia masih seperti ini, harus ada anggaran jaga-jaga. Jaring pengaman sosial. Komponen ini harus kita wadahi dalam APBN 2014 mendatang," pungkasnya.
[bmo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar