kesehatan

Senin, 15 Juli 2013

DPW PKB masih yakin Khofifah-Herman lolos

Reporter : Moch. Andriansyah
Senin, 15 Juli 2013 13:30:01
DPW PKB masih yakin Khofifah-Herman lolos
DPW PKB Khofifah-Herman. ©2013 Merdeka.com/Moch. Andriansyah

Kegagalan Khofifah Indar Parawansah dalam pencalonan gubernur melalui putusan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Minggu (14/7) kemarin. Tidak lolosnya Khofifah yang berpasangan dengan Herman S Sumawiredja dinilai oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mencederai demokrasi di Jawa Timur.

Sebab, sebelum pengumuman keputusan pleno, kubu Khofifah mendapat surat undangan untuk menghadiri acara pengundian nomor urut sebagai pasangan calon. Namun, hasil putusan pleno berkata lain, Khofifah yang berpasangan dengan mantan Kapolda Jawa Timur, Herman S Sumawiredja, ternyata diputuskan tidak memenuhi syarat.

KPU Jawa Timur menyatakan, hasil putusan pleno, tiga dari lima komisioner menyatakan pasangan Khofifah-Herman tidak memenuhi syarat (TMS), satu orang menyatakan MS, satu orang lagi menyatakan; dukungan Partai Kedaulatan (PK) untuk Khofifah, MS sedang dukungan PK untuk KarSa, TMS dan PPNUI untuk Khofifah, TMS sedangkan untuk KarSa, MS.

Artinya, komposisi dari putusan itu adalah 3-1-1 atau tiga banding dua (3:2). "Dalam Pilgub Jawa Timur nanti, pasangan calon yang akan mengikuti Pilgub Jawa Timur 2013 yang akan digelar pada 29 Agustus adalah, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah yang diusung PDIP, dan pasangan independen, Eggi Sudjana-Muhammad Sihat. Dalam berita acara tidak ada nama Ibu Khofifah dan Herman," terang Ketua KPU Jawa Timur Andry Dewanto Ahman, Senin (15/7) dini hari usai pleno.

Sementara menurut Ketua DPW PKB Abdul Halim Iskandar, Khofifah-Herman bukan tidak lolos, tapi tidak diloloskan. "Antara tidak lolos dengan tidak diloloskan itu beda. Artinya, memang Khofifah sengaja diganjal agar tidak lolos di Pilgub Jatim. Ada premanisme politik dalam hal ini, maka harus dilawan," kata dia dalam gelar pers-nya di Kantor DPW PKB Jawa Timur.

Untuk itu, PKB masih sangat yakin kalau Khofifah-Herman masih bisa mengikuti Pilgub Jawa Timur nanti. "Saya masih tetap menyebut Ibu Khofifah sebagai calon gubernur, karena saya sangat yakin beliau akan ikut. Untuk itu kami akan mengupayakan melalui jalur hukum, dan siang ini proses ke PTUN. Kami sangat yakin ada suatu kekuatan yang berupaya melakukan kejahatan-kejahatan politik di Jawa Timur," terangnya yang didampingi Khofifah-Herman.
[mtf]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar